Sabtu, 03 November 2012

Cara Mudah Merubah word ke PDF


Teman-teman mungkin sudah tak asing lagi dengan file PDF. Itu lho, file yang dibukanya menggunakan Adobe Reader ataupun Foxit Reader. Biasanya file dengan format PDF ini bisa kita temukan digunakan pada :
1.      Surat lamaran (application) via E-mail,
2.      Surat - surat berharga yang di-scan kemudian dijadikan bentuk PDF,
3.      Jurnal ilmiah online dan masih banyak lagi yang lain.


Namun, bagaimana cara membuat file PDF tersebut? Artikel kali ini akan meyajikan cara paling mudah mengubah (meng-convert) file dokumen maupun gambar menjadi file PDF. 


Apa itu PDF? PDF adalah singkatan dari Portable Document Format. Dokumen dengan format portable ini dibuat dan digunakan untuk tujuan kemudahan sekaligus keamanan dokumen. Sebuah file yang telah diubah (dikonvert) menjadi format PDF tidak bisa diedit. Kamu tidak perlu khawatir karena PDF juga menyertakan fitur pembesaran tulisan, pencarian teks dll. Selain itu sesuai namanya, portable format, file jenis ini sangat simpel/sederhana dan ukurannya lebih kecil dari file asli/sumber sebelum dikonvert.

Itulah mengapa banyak file PDF digunakan seperti pada contoh-contoh yang telah disebutkan diatas. PDF memungkinkan kita bisa menyajikan preview suatu dokumen versi asli kepada pihak lain. Jadi kesimpulan yang mendekati untuk menjelaskan apa itu PDF adalah dokumen berupa tampilan sebagaimana versi asli atau cetak yang ditampilkan (print preview) secara langsung melalui komputer. Rata-rata kebanyakan semua file yang bisa diprint, maka bisa diubah formatnya menjadi file PDF. Seperti sudah dikatakan tadi PDF adalah versi elektronik dari versi cetak (printing)-nya.

Tahukah kamu bahwa banyak majalah online juga memanfaatkan penggunaan dokumen dengan format PDF sebelum akhirnya tampil dan dibaca oleh banyak orang secara online kepada pembacanya? Contohnya seperti majalah online gratis dan berbayar misalnya Issuu.com.

Dengan tidak memperpanjang penjelasan lagi langsung saja di ikuti saja cara.
Caranya adalah dengan meinstall Add-In pada Microsoft Office.

Nantinya semua aplikasi office bisa diubah menjadi PDF. Pertama download dulu add in ya disini. Setelah selesai download, install software tersebut. Cara menggunakannya sangat mudah. Dokumen microsoft office mulai dari Word, Access, Excel, InfoPath, OneNote, PowerPoint, Publisher, Visio apabila kita ingin mengubahnya menjadi PDF tinggal pilih menu "Save as PDF or XPS". Untuk jelasnya seperti gambar di bawah, yakni contoh ketika hendak mengubah dokumen Word menjadi PDF 

1.


2







4 komentar:

  1. mantap ya, tapi jangan lupa buat sumbernya tu bg, bahaya nti

    BalasHapus
  2. sumber ya kurng jls jul, jd ne di perjels ge...
    jd kyk ya gk usah ja di buat dech...hehehe

    BalasHapus
  3. siipp sangat membantu bos. tengkyuuuuu

    BalasHapus