Sabtu, 29 Desember 2012

Asal-Usul Simbol Sex


Pernahkah anda melihat simbol pada gambar di atas?, apakah anda tahu simbol apa itu?, ya, itu adalah simbol untuk melambangkan jenis kelamin antara pria dan wanita. Simbol ini sering kali kita jumpain di mana-mana, baek itu di pintu toilet, ruang ganti pakain, dan lain-lain.

Pernahkah anda berfikir untuk mencari tahu dari mana simbol ini muncul, dan siapa yang menciptakan?, Simbol-simbol ini sudah lama ada. Didalam dunia Ilmu pengetahuan saja, lambang ini untuk pertamakalinya dipakai pada tahun 1753 oleh Pengarang buku Species Plantarum. Sebelumnya simbol-simbol yang menyatakan laki dan perempuan ini ditemukan pada peninggalan-peninggalan kuno pada jaman prasejarah.




Pada zaman dahulu masyarakat tidak mengenal huruf, jadi mereka menggunakan simbol-simbol untuk berkomunikasi satu sama lainnya. Para ahli sudah lama meneliti ini, Para ahli mencoba untuk mencari hubungan mengapa simbol tersebut yang digunakan untuk menunjukkan laki dan perempuan.



Ada yang berpendapat tanda lingkaran dan panah menunjukkan bahwa laki-laki saat itu memang dikenal sebagai pemburu yang bersenjatakan tombak, sementara simbol lingkaran dengan tanda silang dibawahnya, sebagai penggambaran perempuan, menunjukkan bahwa wanita memiliki kecenderungan bercermin (lambang itu dianalogikan sebagai cermin bergagang).
Namun ada juga yang menyebutkan bahwa simbol-simbol itu telah mengalamai perubahan sejak lama, yang diturunkan dari bentuk fisik manusia laki-laki dan perempuan.

Satu lagi, untuk tambahan, simbol ini juga untuk melambangkan planet di dalam tatasurya kita yaitu, mars dan venus. Dan selanjutnya dikenal sebagai melambangkan pria untuk mars dan wanita untuk venus.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar